Jumat, 01 Agustus 2014

Proposal Usaha Mie Ayam Sehat

Baru belajar bikin Proposal usaha nih, maaf kalo banyak yang salah masih dalam tahap belajar. Check this out!
PROPOSAL USAHA MIE AYAM SEHAT
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kami dapat menyelesaikan tugas pembuatan proposal kewirausahaan tentang “Mie Ayam Sehat” dengan lancar. Dalam pembuatan makalah ini, kami mendapat bantuan dari berbagai pihak, maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guru mata pelajaran Kewirausahaan yang telah memberikan kesempatan dan memberi fasilitas sehingga proposal usaha ini dapat selesai dengan lancar. Ibu dan Ayah dirumah yang telah memberikan bantuan materil maupun do’anya, sehingga pembuatan proposal usaha ini dapat terselesaikan. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang membantu pembuatan proposal usaha ini.
Akhir kata semoga proposal usaha ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan kami pada khususnya, kami menyadari bahwa dalam pembuatan proposal usaha ini masih jauh dari sempurna untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata kami sampaikan terimakasih.

Sukabumi, 21 April 2014
                                                                                   

Penulis








DAFTAR ISI
Kata Pengantar………………………………………………………………........   i
Daftar Isi……………………………………………………………………..........   ii
BAB I PENDAHULUAN    
1.1.            Latar Belakang...............................................................................................1
1.2.            Visi dan Misi.................................................................................................. 1
1.3.            Maksud dan Tujuan........................................................................................            2
1.4.            Data Perusahaan............................................................................................. 2
1.5.            Nama Dan Alamat Pemilik............................................................................ 2
1.6.            Konsep Usaha................................................................................................ 3
BAB II ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1.      Aspek Pasar.................................................................................................... 4
2.1.1.                Gambaran Umum Pasar dan Sasaran ..........................................       4
2.1.2.                Jenis Produk yang Dipasarkan.....................................................       4
2.1.3.                Target Pasar ................................................................................       4
2.1.4.                Pesaing .......................................................................................        4
2.1.5.                Sasaran Pembeli ......................................................................           4
2.2.     Aspek Pemasaran......................................................................................       5
2.2.1.      Promosi .......................................................................................            5
2.2.2.      Pengembangan Pasar.........................................................................      5
2.2.3.      Pengembangan Produk.........................................................................   5
2.2.4.      Langkah-langkah Promosi................................................................       5
2.3.     Analisis SWOT......................................................................................          6
2.4.     Analisa 4P................................................................................................        7
2.5.     Distribusi..................................................................................................        7
BAB III ASPEK PRODUKSI
3.1.     Produk......................................................................................................       8
3.2.     Jenis Produk......................................................................................   ........... 8
3.3.     Kualitas Produk......................................................................................         8
3.4.     Bahan Baku ...........................................................................................         9
3.5.     Proses Pembuatan......................................................................................      10
BAB IV ASPEK KEUANGAN
4.1.     Biaya Tetap (Fixed Cost) ..................................................................  ........... 11
4.2.     Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan..................................................     11
4.3.     Total Biaya (Total Cost) ..................................................................... 12
4.4.     Daftar Harga..........................................................................................          12
4.5.     Pendapatan..............................................................................................        13
4.6.     Penghitungan Harga......................................................................................  13
4.7.     Analisis Titik Impas (Break-Event Point) .....................................................  13
4.8.     Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow) .................................................      13
BAB V ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
5.1.     Struktur Organisasi......................................................................................... 14
5.2.     Job Description............................................................................................... 14
BAB VI PENUTUP
6.1.    Antisipasi Masa Depan.................................................................................    16
6.2.    Kesimpulan..............................................................................................         16
6.3.    Penutup..................................................................................................           16


 BAB I
 PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang
Seiring bertambahnya jumlah penduduk, maka bertambah pula kebutuhan manusia akan pangan, sandang dan papan. Melihat keadaan ini membuka peluang bagi produsen untuk membuka sebuah usaha baru dalam produk makanan. Selain itu juga banyaknya bahan baku yang melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha “Mie Ayam Sehat”.  Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini. Kita mengenal Mie ayam Solo, mie ayam Surabaya, dll. Ini menunjukan gairah usaha mie ayam menjanjikan. Menurut beberapa pengusaha mie ayam, peluang usaha ini masih terbuka lebar mengingat banyaknya penggemar mie ayam. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep mie ayam yang enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik usaha ini akan berjalan
dengan sukses.
1.2.            Visi dan Misi
Ø  Visi
Adapun visi dari usaha ini adalah sebagai berikut : “Menciptakan produk makanan unggulan yang berkualitas dan banyak diminati atau disukai masyarakat dengan mengedepankan pencitraan makanan yang sehat dan dengan bahan-bahan pilihan dari Indonesia.”
Ø  Misi
Adapun visi dari usaha ini adalah sebagai berikut :
·         Memberikan kemudahan dalam melayani kebutuhan pokok.
·         Membangn semangat Enterprenuer/wirausaha.
·         Membangun kemandirian dalam menghadapi tantangan global.
·         Terciptanya ekonomi bersama yang mandiri.
·         Terbentuknya usaha “Mie Ayam Sehat” terbaik yang mengedepankan pelayanan, kenikmatan dan keberkahan.
1.3.            Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulis memilih produk ini, yaitu :
1.      Membuka usaha kecil
2.      Membuat produk yang praktis dan unik
3.      Memanfaatkan bahan baku yang mudah diperoleh
4.      Menumbuhkan jiwa yang mandiri
5.      Memperoleh penghasilan yang menjanjikan
6.      Memenuhi kebutuhan masyarakat
7.      Menciptakan peluang usaha yang baru
8.      Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat

1.4.            Data Perusahaan
·         Nama Usaha
Kami mendirikan usaha ini dengan nama “Mie Ayam Sehat” nama tersebut terbentuk atas kesepakatan pihak-pihak yang terkait, adapun moto dari usaha ini adalah “Harga Kaki Lima Citarasa Bintang Lima”.
·         Tempat Usaha
Usaha ini akan didirikan di Supermall Lt.1
·         Waktu Operasional
Waktu operasional akan dilaksanakan pada Senin sampai dengan Minggu pada pkl. 08.00 WIB s.d. 22.00 WIB
1.5.            Nama Dan Alamat Pemilik
Nama               : Nida Rosdiana
Alamat            : Jl. Proklamasi No.07
No. Tlp            : 0858 7176 8881
E-mail              : nidarosdiana@yahoo.co.id
Facebook         : Nida Rosdiana
Twitter/Ig/Ask : @Nidard
Pin                   : 74DC0500


1.6.            Konsep Usaha
“Mie Ayam Sehat” adalah konsep warung ini di dasarkan pada makanan/jajanan mie yang di olah dengan bahan-bahan pilihan dan bercita rasa tinggi. Dengan rasa yang Khas, Gurih, Lezat dan terkesan elegan apabila membeli Mie Ayam  ini maka dapat dikatakan Mie Ayam Produk kami adalah produk Mutu dari Produk sejenis yang ada di pasar.  Warung mie ayam ini menawarkan berbagai menu pilihan yang menggugah selera bagi para penikmatnya dan warung mie ayam ini menyediakan Hot Spot untuk membuat nyaman para pembeli.
















BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1.     Aspek Pasar
2.1.1.                Gambaran Umum Pasar dan Sasaran
Usaha penjualan “Mie Ayam” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara sebagai batu loncatan. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan, maka kami akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.
2.1.2                  Jenis Produk yang Dipasarkan
Produk yang kami pasarkan merupakan berbagai jenis mie ayam dan minuman yang bisa memuaskan hasrat para penikmatnya.
2.1.2.                Target Pasar
Produk “Mie Ayam Sehat” ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan berkualitas.
2.1.3.                Pesaing
Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap penjualan mie ayam saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan mie ayam dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli mie ayam mereka.
2.1.4.                Sasaran Pembeli
Sasaran dari warung “Mie Ayam sehat” ini adalah para penikmat mie ayam dari semua kalangan mulai dari anak sekolah, pegawai kantoran, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Terutama yang sangat mementingkan faktor kesehatan untuk dirinya dan orang yang ada disekitarnya.
2.2.     Aspek Pemasaran
2.2.1.      Promosi
                 Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.
2.2.2.      Pengembangan Pasar
     Setelah berhasil pada usaha pertama kami akan mencoba untuk membuka cabang “Mie Ayam Sehat” baik didalam kota maupun luar kota agar nantinya para konsumen bisa lebih mengenal citarasa dari “Mie Ayam Sehat”.
2.2.3.      Pengembangan Produk
Pengembangan produk kedepan untuk produk Mie ayam ini agak sulit mengingat bahwa Model atau jenis dari masakan Mie ayam memiliki karakteristik tersendiri, pasar tersendiri dan langganan atau customer tersendiri pula. Kemungkinan yang dapat dikembangkan adalah cara penyajian ataupun cara pendistribusian ke langganan. Jenis mie ayam yang baik untuk kesehatan pastinya akan menjadi salah satu daya tarik bagi para konsumen.

2.2.4.      Langkah-langkah Promosi
Pada permulaan kami akan mencoba memberikan potongan harga pada konsumen dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya tanpa mengubahnya ke yang lebih buruk.


2.3.     Analisis SWOT
      Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemapuan kami terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength (Kekuatan)
a.       Rasanya enak dan unik
b.      Memiliki angka kecukupan gizi yang tinggi
c.       Dapat disukai oleh semua kalangan
d.      Harga terjangkau oleh semua kalangan
e.       Bahan bakunya terjangkau dan mudah diperoleh
f.       Cara pembuatannya mudah
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Tidak tahan lama
b.      Banyak saingan
c.       Belum mempunyai cabang
d.      Kurang modal untuk memulai usaha
e.       Harga bahan baku yang tidak stabil
3.      Oppoturnity (Peluang)
a.       Penjualan “Mie Ayam Sehat” memiliki peluang yang cukup besar karena selain  memiliki cita rasa yang enak dan unik juga memiliki kandungan gizi yang memadai.
b.      Memiliki lokasi yang strategis karena terletak di persimpangan jalan yang banyak dilalui oleh banyak orang.
4.      Treath (Ancaman)
a.       Banyak memiliki pesaing selain dari pedagang mie ayam lain sendiri juga dari pesaing makanan sejenis seperti bakso dan soto.
b.      Dalam memproduksi “Mie Ayam Sehat” memungkinkan pihak lain mencuri resep ataupun ide usaha yang telah dikembangkan.
c.      Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
d.     Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).

2.4.     Analisa 4P
1.      Product (Produk)
Produk yang kami jual berupa segala jenis mie ayam dan segala jenis minuman yang merupakan makanan yang memiliki angka kecukupan gizi yang memadai.
2.      Price (Harga)
Harga yang kami tawarkan dari produk yang kami buat dapat dijangkau oleh semua kalangan baik itu kalangan bawah, kalangan menengah, maupun kalangan atas.
3.      Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini seperti yang telah dibahas sebelumnya kami akan banyak memberi diskon dan potongan-potongan harga pada bulan-bulan pertama.
4.      Place (Tempat)
Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini adalah pusat perbelanjaan yang ada di kota Sukabumi yang merupakan tempat yang paling strategis di kota ini.

2.5.     Distribusi
            Tempat penjualan produk Mie Ayam Kami ini tempatnya benar benar Strategis, dengan Trafic yang padat dan Jumlah Populasi orang di sekitar tempat penjualan padat. Dengan tempat yang cukup strategis akan sedikit banyak menimbulkan Efek Buying Signal, Orang yang tadinya belum tahu keberadaan Produk kita akan dengan segera tahu, dengan demikian Faktor Manusia yang biasanya suka mencoba coba hal hal baru akan timbul.




BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1. Produk
       Produk yang kami jual berupa segala jenis mie ayam dan segala jenis minuman yang merupakan makanan yang memiliki angka kecukupan gizi yang memadai.
3.2. Jenis Produk
       Jenis produk yang ada pada “Mie Ayam Sehat” terdiri dari makanan dan minuman. Adapun daftar menunya adalah sebagai berikut :
·         Makanan
§  Mie ayam original
§  Mie ayam pangsit
§  Mie ayam baso
§  Mie ayam cabe hijau
§  Mie ayam spesial
·         Minuman
§  Air Mineral botol
§  Teh manis
§  Lemontea
§  Aneka Jus Buah
§  Soft Drink
·         Makanan ringan
§  Aneka cemilan pelengkap
3.3. Kualitas Produk
       Kualitas produk yang kami berikan sangatlah berkualitas karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami tanpa mengandungpengawet apapun.
      
3.4. Bahan Baku
·         Bahan untuk membuat Mie :
-          1 kg tepung terigu
-          10 gr garam
-          6-10 gr garam alkali
-          250 gr tepung tapioka
-          380 gr air
·         Bahan untuk membuat Minyak ayam :
-          1000 ml minyak sayur
-          250 gr kulit atau lemak ayam
-          10 siung bawang putih, memarkan
-          ½ sendok teh lada halus
-          ½ sendok teh ketumbar halus
·         Bahan untuk membuat Kaldu :
-          200 ml air
-          2 lembar daun seledri, iris
-          Tulang ayam cuci dan memarkan
·         Bahan untuk membuat Tumis ayam :
-          250 gr daging ayam
-          2 ruas jahe
-          1 sendok teh lada bubuk
-          10 sendok makan minyak sayur
-          5 sendok makan kecap asin
-          5 sendok makan kecap manis
-          ½ sendok teh garam
-          3 siung bawang putih
-          1 gelas air
·         Bahan untuk pelengkap mie ayam :
-          Caisim
-          Sawi putih
-          Toga panjang
-          Pangsit
3.5. Proses Pembuatan
·         Cara untuk membuat Mie :
Larutkan garam dapur san garam alkali dengan air. Aduk sampai rata. Kemudian di tempat terpisah, campur semua bahan keringdan tambahkan larutan garam sedikit demi sedikit sambil di kocok. Aduk adonan sampai adonan berbutir-butir. Masukkan adonan kedalam alat penipis dan giling dengan ketebalan yang diinginkan.setelah tipis, potong adonan menyerupai mie dan taburi mie dengan tepung tapioka agar tidak lengket.
·         Cara untuk membuat Minyak ayam :
Panaskan minyak kemudian soreng lemak ayam atau kulit ayam, lalu massak hingga kulit ayam atau lemak ayam menjadi kering. Setelah agak kering masukkan bawang putih atau bahan lainnya kedalam penggorengan, lalu goreng dengan api kecil, setelah 15 menit, angkat kulit dan sisihkan minyak ayam.
·         Cara untuk membuat Kaldu :
Masukkan semua bahan kedalam panci, rebus semua bahan ini dengan api sedang min 2 jam, setelah matang saring air kaldu.
·         Cara untuk membuat Tumis ayam :
Cincang daging ayam hingga agak halus, kemudian tumis jahe, bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada, penyedap rasa, garam, kecap manis dan kecap asin kedalam tumisan. Masukkan air dan tunggu hingga daging ayam masak  dan bumbu meresap kedalam daging ayam.
·         Cara untuk menyajikan :
Didalam mangkuk, beri kecap asin, penyedap rasa, lada, dan minyak ayam secukupnya. Kemudian masukkan mie bersama caisim, sawi, dan toge yang sudah direbus. Aduk hingga rata, siramkan kuah kaldu, tambahkan tumisan ayam, lalu tambahkan pangsit diatasnya.


BAB IV
ASPEK KEUANGAN
Total biaya pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar 
Rp 21.450.000,-  dengan rincian sebagai berikut :

4.1. Biaya Tetap (Fixed Cost)
-          Kontrak toko/bulan                                                     Rp    3.000.000,-
-          Kursi, meja, lemari                                                      Rp    5.000.000,-
-          Penggiling mie 3  unit                                                 Rp       750.000,-
-          Kompor gas 3 unit                                                      Rp    1.200.000,-
-          Peralatan memasak lainnya                                         Rp    2.500.000,-
-          Peralatan makan-minum                                              Rp    2.500.000,-
-          Kulkas                                                                         Rp    1.500.000,-
-          Listril, air, dll                                                              Rp       300.000,-
-          Pembuatan banner, stiker daftar harga                       Rp         50.000,-
Total Biaya Tetap                                                    Rp 16.800.000,-

4.2. Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
-          Tepung terigu                                                              Rp       600.000,-
-          Tepung tapioka                                                           Rp       300.000,-
-          Minyak sayur                                                              Rp       400.000,-
-          Daging ayam                                                               Rp       600.000,-
-          Bumbu                                                                        Rp       500.000,-
-          Kecap asin                                                                   Rp       100.000,-
-          Kecap manis                                                                Rp       100.000,-
-          Caisim                                                                         Rp       200.000,-
-          Sawi putih                                                                   Rp       200.000,-
-          Toge panjang                                                               Rp       200.000,
-          Aneka macam buah+teh+softdrink                            Rp      400.000,-
-          Es Batu                                                                       Rp      150.000,-
-          Susu                                                                            Rp      150.000,-
-          Gula                                                                            Rp      200.000,-
-          Gas                                                                              Rp      400.000,-
-          Plastik, sedotan, dll                                                     Rp      250.000,-+
Total Biaya Variabel                                                          Rp   4.750.000,-


4.3. Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 16.800.000,- + Rp 4.750.000,-
TC = Rp 21.450.000,-

4.4. Daftar Harga
       Harga produk yang kami tawarkan sangatlah bervariasi dan sangat cocok untuk kantong anda, yaitu berkisar antara Rp 3.000,00- Rp 15.000,00. Adapun rincian harganya adalah sebagai berikut :
·         Makanan
§  Mie ayam original                   Rp   8.000,00 
§  Mie ayam pangsit                    Rp   9.000,00
§  Mie ayam ceker                       Rp   9.000,00
§  Mie ayam baso                        Rp 12.000,00
§  Mie ayam cabe hijau               Rp 12.000,00
§  Mie ayam spesial                     Rp 15.000,00
·         Minuman
§  Air Mineral botol                    Rp   3.000,00
§  Teh manis                                Rp  3.000,00
§  Lemontea                                Rp  6.000,00
§  Aneka Jus Buah                      Rp  7.000,00-Rp  9.000,00
§  Soft Drink                               Rp  7.000,00
·         Makanan ringan
§  Aneka cemilan pelengkap       Rp  3.000,00-Rp 5.000,00

4.5. Pendapatan
Target penjualan Mie ayam per hari adalah 40 porsi. Waktu berjualan Senin-Minggu. Atau dalam sebulan menjual 1200 porsi.
·         Pendapatan Harian
-          Mie ayam        30 porsi @Rp 10.000,-            = Rp      300.000,-
-          Minuman         30 porsi @Rp   4.000,-            = Rp       120.000,-+
Total Pendapatan Harian                                          Rp     420.000,-

·         Pendapatan Bulanan   = Rp 420.000,- x 30     = Rp 12.600.000,-

4.6. Penghitungan Harga
Harga Pokok/Biaya Variabel                                            =  Rp 4.750.000,-
Hpp per Porsi                          = Rp 4.750.000,- / 900            =  Rp 5.277,- ≈ Rp 5.500,-
Laba yang diinginkan             = Rp 10.000,- ─ Rp 5.500,-    =  Rp 4.500,-

4.7. Analisis Titik Impas (Break-Event Point)
BEP = Biaya Tetap = Rp 16.800.000,- = 3734 porsi
            Profit               Rp 4.500,-

Berarti akan BEP dalam = 3734/900 = 4,1488 bulan
4.8.  Rencana Laporan Arus Kas (Cash Flow)
Laporan Arus Kas bulan Juni 2014
Kas Masuk


    Modal Awal
 Rp 21.450.000,-

    Penjualan Tunai
 Rp 12.600.000,-

    Jumlah Kas Masuk
  Rp 34.050.000,-
Kas Keluar

    Biaya Tetap
 Rp 16.800.000,-

    Biaya Variabel
 Rp   4.750.000,-

    Gaji Karyawan
 Rp   6.000.000 ,-

    Jumlah Kas Keluar
( Rp 27.550.000,- )
Saldo Akhir Kas

  Rp    6.500.000,-

BAB V
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
5.1. Struktur Organisasi
       Adapun susunan organisasi pada “Mie ayam Sehat” adalah sebagai berikut :

5.2. Job Description
·         Owner adalah pemilik kedai yang sekaligus pemimpin bagi seluruh bagian yang ada di  “Mie Ayam Sehat”.
·         Restaurant Manager adalah seseorang yang ditunjuk sebagai kepala operasiaonal “Mie Ayam Sehat”.
·         Assistant Restaurant adalah seseorang yang diberi wewenang untuk membantu Restaurant Manager dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.
·         Supervisor adalah sesorang yang mengawasi seluruh bagian restoran, membantu tugas dan tanggung jawab Assistant Restaurant.
·         Chef adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam operasional produksi di restoran.
·         Wailter/Waitreess adalah sekelompok orang yang melayani kebutuhan tamu restoran.
·         Cook Helper adalah sekelompok orang yang membantu pekerjaan chef di dapur.



















BAB VI
PENUTUP
6.1. Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa mie ayam yang kami buat. Karena apabila kualitas mie ayam  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

6.2. Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

6.3. Penutup
Kita tidak bisa dalam memulai bisnis secara setengah-tengah, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan. Kegagalan berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri kita sendiri,dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya adalah suatu keharusan.
Perhitungan perhitungan yang matang selayaknya dilakukan di awal awal memulai usaha karena sekali kita salah dalam perhitungan diawal maka yang terjadi adalah efek Berantai dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan,sementara modal lama kelamaam tersedot habis. Sudah sewajarnya apabila kita ingin memulai usaha belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang Dengan demikian kita akan terhindar dari resiko yang lebih besar.

Semoga proposal ini dapat membantu untuk tugas sekolah ataupun yang akan mendirikan usaha, terimakasih :) apabila ada kesalahandihapakan komentarnya :)

8 komentar: